INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Sistem Pembelajaran

Program Studi Desain Produk Industri UPJ adalah program studi desain yang memiliki konsep Urban Lifestyle. Ciri khas program studi tersebut, bertujuan untuk menghasilkan berbagai keahlian dari lulusan sarjana Desain Produk Industri yang memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu rancangan produk fungsional yang berbasis prinsip konseptual, kreativitas inovatif, estetis, ecodesign, penerapan aplikasi teknologi dan entrepreneur. Sistem pembelajaran di Program Studi Desain Produk salah satunya yaitu “Student Centered Learning” (SCL) yaitu pembelajaran yang menuntut partisipasi aktif dari mahasiswa dengan sistem pembelajaran SCL mahasiswa diharapkan dapat :

  1. Mahasiswa secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari, tidak lagi sebatas menerima transfer pengetahuan dari dosen.
  2. Mahasiswa secara aktif terlibat di dalam mengelola pengetahuan, tidak lagi sekedar menerima pengetahuan secara pasif.
  3. Mahasiswa tidak sekedar menguasai materi tetapi juga mengembangkan materi tersebut ke dalam pembelajaran seumur hidup (lifelong learning).
  4. Mahasiswa belajar dengan memanfaatkan banyak media (multimedia).
  5. Dosen bukan lagi pemberi informasi utama, tetapi berfungsi sebagai fasilitator dan bersama-sama mahasiswa melakukan evaluasi pembelajaran.
  6. Proses dan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara saling berkesinambungan dan terintegrasi.
  7. Proses pembelajaran ditekankan pada pengembangan pengetahuan.