INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Profil Dosen

Fitorio Bowo Leksono, MA

Fitorio Bowo Leksono, MA

(Kepala Program Studi)

Fitorio Leksono adalah seorang desainer, peneliti dan pendidik dengan latar belakang dalam desain industri, saat ini menjabat sebagai Kepala Program Studi Desain Produk di Universitas Pembangunan Jaya, Jakarta, Indonesia. Lulus dari Institut Teknologi Bandung di Indonesia dan Domus Academy di Milan. Saat ini Fitorio juga duduk sebagai Sekretaris Jenderal Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII).

Minat desain dan penelitian utamanya berkisar dari desain industri, branding strategy, emotional design, user behavior, user experience, hingga potensi design thinking untuk menyelesaikan masalah di luar bidang desain.

Fitorio memiliki pengalaman mengerjakan berbagai proyek untuk perusahaan multinasional seperti Gufram, Toyota, W Hotel, Bvlgari Hotel, BlueLounge, Repower Italia, dan Samsung Amerika, juga untuk perusahaan skala menengah seperti Extra Travel (Melbourne), Jenggala Keramik (Bali), Tulisan (Jakarta) dan Santika (Jakarta). Selain itu Fitorio juga beberapa kali memberi kuliah dan mengadakan seminar desain di Universitas Pelita Harapan (Indonesia), Universitas Surabaya (Indonesia), Universitas Ciputra (Indonesia), Universiti Teknologi Mara (Malaysia) dan juga untuk perusahaan seperti Pertamina, dengan fokus pada design thinking dan strategic design.

Spesialisasi: Conceptual and Strategic Design, User Experience & Behavior, Design Thinking, Empathic Study.

Hari Nugraha, Ph.D

Hari Nugraha, Ph.D

Hari Nugraha adalah pengajar pada program studi Desain Produk di Universitas Pembangunan Jaya, Jakarta, Indonesia. Dengan latar belakang pendidikan S1 Desain Produk dari Institut Teknologi Nasional, Bandung dan pendidikan S2 dalam bidang desain di Institut Teknologi Bandung, kemudian melanjutkan studi Ph.D di Chiba University, Jepang.

Fokus bidang desain produk dan penelitian yang dilakukannya yaitu berkaitan dengan pengolahan dan pemanfaatan material yang bersumber dari alam seperti Bambu dan kayu untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam produk.

Selain dalam bidang pendidikan, Hari Nugraha memiliki pengalaman profesional pada beberapa industri manufaktur nasional yang bergerak dalam bidang produk household, Interior dan furniture.

Spesialisasi: Material planning & Kansei Engineering.

Ismail Alif Siregar, MA

Ismail Alif Siregar, MA

Saat ini adalah seorang desainer, peneliti dan pendidik dengan latar belakang dalam desain produk, dan menjadi dosen Program Studi Desain Produk di Universitas Pembangunan Jaya, Jakarta, Indonesia. Lulus dari Universitas Trisakti di Indonesia dan Universiti Teknologi MARA di Malaysia.

Minat desain dan penelitian utamanya berkisar dari ergonomi, desain mainan , desain sarana transportasi, rapid prototyping dan 3D printing. 

Alif memiliki pengalaman mengerjakan berbagai proyek untuk perusahaan multinasional seperti Suzuki, sampai dengan memberikan pelatihan skala nasional untuk Museum Nasional Indonesia. Selain itu Alif juga pernah menjadi pembicara dalam beberapa seminar berskala Internasional seperti IJJS (Indonesia – Japan Joint Scientific Seminar) AICAD (Asia International Conference of Art & Design) 

Selain itu Alif juga mengembangkan prototype desain mobil listrik Rinus C1 yang merupakan salah satu icon prodi desain produk UPJ. 

Spesialisasi: Toy Design, Transportation Design, Ergonomics, Rapid Prototyping.

Donna Angelina, MA

Donna Angelina, MA

Donna Angelina selain dikenal sebagai seorang akademisi juga sebagai seorang praktisi di bidang perhiasan. Beberapa karyanya berhasil mendapatkan penghargaan di Korean Fashion Jewelry di China pada tahun 2010, serta peghargaan di dalam negeri seperti The Best Modern Jewelry Category yang dilaksanakan oleh Mutumanikam Nusantara pada tahun 2012; dan The Most Elegant Pearl Jewelry untuk karya dengan judul ‘Secret Garden’ oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2016.  Lulusan Universitas Pelita Harapan dan Kyungsung University Korea ini menjadi seorang tenaga pengajar pada Program Studi Desain Produk di Universitas Pembangunan Jaya, Jakarta, Indonesia dan memegang mata kuliah yang berhubungan dengan kajian gaya hidup, art and craft, dan kewirausahaan. Selain dalam dunia pendidikan Donna juga aktif dalam kegiatan organisasi pada Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) dibidang Keprofesian.

Donna memiliki minat pada desain dan penelitian pada bidang yang berhubungan dengan craft product dan juga gaya hidup.

Spesialisasi: jewelry design, art and craft design, lifestyle product, entrepreneur.

Teddy Mohamad Darajat, M.Sn

Teddy Mohamad Darajat, M.Sn

Teddy Mohamad Darajat adalah pengajar pada program studi Desain Produk di Universitas Pembangunan Jaya, Jakarta, Indonesia. Dengan latar belakang pendidikan S1 Desain Produk dari Institut Teknologi Bandung, Bandung dan pendidikan S2 dalam bidang desain di Universitas Trisakti, di Jakarta. 

Sejak 1993 aktif melakukan berbagai penelitian dalam pendampingan untuk pengrajin produk bambu di daerah Tasikmalaya dan Jawa Barat.  Dilanjutkan dengan kayu sebagai bahan utama pembuatan furnitur bekerja sama dengan industri kecil di Tangerang Selatan.

Selain dalam bidang pendidikan, Teddy Mohamad Darajat memiliki pengalaman profesional pada beberapa industri manufaktur yang bergerak dalam bidang Automotive, Signage System, Craft.

Spesialisasi: Bamboo Craft, Pengolahan Kayu.